Tips Memilih Lampu Mobil HID. Saat mengemudi seringkali telah menghadapi berbagai macam ringantan, salah satunya adalah kemacetan lalu lintas, anda juga dapat membayangkan jika anda mengemudi di malam hari, di jalanan yang sepi, tiba-tiba mendadak lampu depan mobil mati, sehingga pandangan ke depan menjadi gelap.

Hal tersebut dapat terjadi ketika lampu halogen, yang umumnya telah digunakan pada mobil saat ini dan biasanya untuk jangka waktu tertentu mudah cepat rusak. Tetapi jangan khawatir, karena solusinya adalah anda dapat menggunakan tipe bohlam HID yang telah mempunyai umur lebih panjang.

Anda dapat melupakan Halogen, dan beralih ke HID

Dengan lampu mobil konvensional yang menggunakan halogen sebagai sumber cahaya, maka lampu HID juga sudah memanfaatkan gas xenon bersama dengan garam logam halide dan merkuri. Komponen tersebut juga dapat membentuk suatu lengkungan arus tegangan tinggi yang bersatu menyebabkan cahaya sinar cerah, mirip dengan lampu neon. Karena penggunaan gas xenon di dalam lampu, sehingga sering disebut dengan lampu depan xenon

Bagaimana cara kerjanya?

Bila anda sudah mengaktifkan lampu mobil baru 2014 anda, maka tegangan tinggi 12V didistribusikan sepanjang kumparan relay, akibatnya kontak ditutup, dari titik tersebut maka tegangan 12V digunakan untuk dapat menghidupkan pemberat di dalam lampu xenon. Pemberat inilah yang kemudian akan menyala dan memberikan tenaga listrik untuk lampu.

Mengapa HID Itu diperlukan?

Jika dibandingkan dengan lampu mobil konvensional, maka lampu HID telah mempunyai cukup banyak keuntungan, dengan lampu HID yang biasanya tiga kali lebih terang daripada yang konvensional. Plus juga dapat memberikan jarak penglihatan jalan di depan lebih besar sampai dengan 70%

Bagaimana memilihnya?

Bila anda berminat untuk menggantinya, ada beberapa hal yang perlu untuk dicermati. Anda juga harus cek ukuran bola lampu sebelumnya, kebanyakan bola lampu yang terdapat adalah uuran H1, H3, H4, H7, selanjutnya setelah menentukan warna temperatur yang diinginkan, anda juga dapat menentukan suhu yang dapat diukur dalam satuan K atau derajat Kelvin. Hal ini untuk dapat menentukan warna apa lampu HID akan memuaskan.

Apakah ada kemungkinan masalah ?

Jika anda mencoba hal baru, pasti terdapat kelemahan dan kelebihannya. Karena itu sifat pencahayaan HID begitu terang dan cerah, terutama di malam hari karena kontras. Oleh karena itu sinar lampu yang terpancar dari mobil tersebut dapat membuat silau pengemudi dari arah berlawanan.

Perawatan dan Pemeliharaan.

Agar umur pakai HID awet dan bertahan lama, sebaiknya anda tidak berusaha untuk dapat mematikannya sesaat setelah dihidupkan. Lampu jenis ini biasanya memerlukan waktu 60 detik untuk pemanasan sebelum dapat beroperasi secara normal. Sebab itu, jangan mencoba untuk memainkannya, karena kemungkinan rusak akan lebih cepat.

Anda juga dapat melakukan cek beterai jika mobil sudah lama tidak digunakan. Jika tidak rajin dicek maka akan membuat baterai tersebut kadaluarsa , dan anda sudah tidak dapat menggunakannya. Tetapi anda tidak perlu khawatir sebab baterry jenis NimH mampu bertahan lama

 

LAMPU HID UNTUK PENERANGAN MOBIL YANG LEBIH BAIK

Artikel lainnya »